10 HP dengan Layar Tanpa Bezel Termurah (Desember 2022)

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Tren ponsel pintar zaman sekarang banyak menawarkan HP dengan layar penuh yang tampak lebih lebar. Belakangan tidak hanya layar penuh saja yang populer, tapi juga tepian layar alias bezel yang semakin tipis. Karena itu, sekarang HP dengan layar yang nyaris tanpa bezel sangat marak dan mulai digemari masyarakat.

HP yang mengusung bezel-less dengan poni dan dagu yang minim ini memang terkesan elegan serta premium. Dengan bentang layar yang lebih luas, hal itu membuat pengguna semakin puas berlama-lama menatap layar. Memang, HP yang ada sekarang tidak ada yang tanpa bezel, yang ada adalah HP dengan bezel yang tipis sekali.

Lantas, apa saja HP dengan bezel tipis ini? Banyak, tetapi pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan memberikan 10 rekomendasi HP dengan layar nyaris tanpa bezel dari harga termurah yang bisa dipilih. Berikut daftarnya!

1. realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme narzo 50A Prime adalah versi penyegar dari narzo 50A. Dibanding saudaranya itu, narzo 50A Prime menawarkan desain bodi yang lebih simpel, lebih tipis, lebih ringan. Dari sini sisi ergonomika HP ini mengalami peningkatan.

Walau lebih ringan, narzo 50A prime nyatanya memiliki layar sedikit lebih besar, yakni 6,6 inci. Resolusinya bahkan sudah Full HD+. Dengan demikian, untuk aktivitas multimedia seperti menonton video sudah cukup memuaskan.

narzo 50A Prime juga memiliki performa karena menggunakan SoC UNISOC Tiger T612. SoC ini menjamin si ponsel dengan lancar mampu menjalankan game-game 3D dan kasual. Satu catatan penting, paket penjualan HP ini tidak disertai charger atas alasan ramah lingkungan.

2. OPPO A57

oppo A57 Cropped_
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jika Anda mencari HP OPPO seharga Rp2 jutaan dengan bezel layar tipis, bisa mempertimbangkan OPPO A57. HP ini dirilis ke Indonesia pada Juli 2022, dan menghadirkan sejumlah kebolehan untuk tunjang aktivitas menonton.

Layar HP menggunakan panel IPS LCD dengan ukuran 6,56 inci di resolusi HD+ (720p). Refresh rate yang didukungnya standar 60 Hz, begitu pun dengan touch sampling rate yang berada di angka 60 Hz.

Kendati demikian, layar ponsel mampu ditampilkan dengan rasio bodi ke layar 89,8% sehingga tampilannya terasa begitu luas pada bodi yang compact.

Bicara soal bodi, perangkat besutan perusahaan asal Cina ini memiliki dirancang dengan OPPO Glow Design yang rentan terhadap noda bekas sidik jari. Warna yang ditampilkan layar HP ini juga oke punya, dengan gamut warna 96% yang lebih vibrant dan memukau (mendukung kedalaman 16,7 juta warna).

Apakah Anda sering berada di luar ruangan? Jangan khawatir, karena layar smartphone mendukung kecerahan tipikal 480 nit serta kecerahan puncak di angka 600 nit. Tidak perlu lagi memicingkan mata untuk melihat isi layar di bawah terik matahari.

HP ini cocok untuk penggunaan-penggunaan ringan seperti browsing, Netflix, TikTok, dan pengeditan dokumen. Tapi, jangan mengharapkan performa gaming yang kencang, ya. Pasalnya, chipset yang digunakan hanya Helio G35. OPPO A57 cukup layak kami rekomendasikan di harganya yang Rp2.399.000,-.

3. Infinix Note 12i 2022

Infinix Note 12i 2022
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix Note 12i 2022 memiliki layar dengan bezel yang tipis, sehingga memiliki rasio bodi ke luar yang besar di angka 85,9%. Selain itu, panel yang digunakan pun sudah bukan IPS LCD melainkan AMOLED. Tingkat kecerahan dan reproduksi warnanya pun dijamin lebih memanjakan indra visual pengguna.

Berada di resolusi layar Full HD+ (1080 x 2400 piksel), layar perangkat akan tampilkan ketajaman super baik dengan kerapatan piksel 393 ppi. Pengalaman scrolling medsos, browsing, dan bermain gim pun akan terasa lebih mulus dengan refresh rate 90 Hz.

Secara keseluruhan, Infinix Note 12i 2022 cocok direkomendasikan untuk siapa pun mengharapkan smartphone terjangkau dengan minim kompromi. Performa yang dihasilkan cukup bagus untuk hal berat, baterainya punya durasi screen-on time yang panjang, dan tidak membutuhkan lama untuk dicas berkat fast charging 33 W.

Kekurangan pada HP ini adalah kameranya yang tidak menyuguhkan fungsi ultrawide. Untuk Anda yang tertarik, bisa membeli Infinix Note 12i 2022 di Indonesia seharga Rp2,3 juta.

4. Tecno Spark 9T

tecno spark 9t nigeria_
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G37
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Pilihan rekomendasi HP dengan bezel tipis lainnya jatuh kepada Tecno Spark 9T. Meski nama Tecno kurang melanglangbuana di Indonesia, tapi HP Rp1 jutaan ini punya fitur menarik untuk kaum muda-mudi, terutama yang hobi bikin konten TikTok.

Pasalnya, HP ini memiliki kamera selfie beresolusi tinggi 32 MP. Kamera ini dapat menggunakan teknologi Quad Bayer yang menyatukan empat piksel berdekatan menjadi satu. Oleh sebab itu, kualitas jepretan fotonya pun akan meningkat, baik di siang hari maupun malam hari.

Anda yang menyukai aktivitas menonton juga akan terkesima dengan HP ini. Pasalnya, layar mengusung ukuran cukup besar di 6,6 inci pada resolusi HD+. Rasio bodi ke layarnya pun cukup tinggi di angka 84,7%.

Namun sayangnya, HP ini bukan diperuntukkan untuk aktivitas berat seperti bermain gim. Chipset Helio G37 yang jadi sumber kekuatannya tidak memiliki klaster inti high performance, sehingga lebih cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari.

Ponsel yang tersedia di Indonesia sejak 9 September 2022 ini dibanderol dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp1,7 juta.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram