15 Rekomendasi HP dengan RAM 16 GB Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

RAM (Random Access Memory) yang dimiliki smartphone selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, khususnya ponsel Android. Tren peningkatan kapasitas RAM ini bukan tanpa tujuan. Sebab, dengan RAM besar, pabrikan ponsel bisa menjamin produknya dapat mengakomodasi kinerja optimal buat pengguna.

Ada tiga alasan mengapa ponsel Android cenderung punya RAM lebih besar ketimbang smartphone Apple iPhone. Pertama, dalam menjalankan suatu aplikasi, ponsel Android memakai virtual machine berbasis Java.

Virtual machine ini akan menerjemahkan bahasa pemrograman - yang ditulis oleh pengembang dalam sebuah aplikasi - agar bisa dieksekusi oleh berbagai smartphone, tak peduli Android versi apa yang dipakai oleh si ponsel dan seperti apa hardware-nya. Proses ini jelas membutuhkan resource besar dari RAM.

Kedua, sebagian ruang di dalam RAM yang telah dipakai oleh aplikasi mesti didaur ulang agar bisa dipakai aplikasi lain. Proses ini dinamakan Garbage Collection. Hanya saja, daur ulang memori yang terlalu sering membuat kinerja HP menurun. Penurunan ini tidak akan terjadi andai RAM yang dipunyai smartphone cukup besar.

Ketiga, ponsel Android harus menjalankan aplikasi di belakang layar supaya notifikasi tiba secara real-time, terutama aplikasi perpesanan, menurut Android Infotech. Makin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, maka makin besar pula kapasitas RAM yang dibutuhkan.

Terlepas dari ketiga hal itu, perkembangan aplikasi smartphone kian hari kian kompleks. Hal ini mendorong produsen HP, baik itu Android atau Apple, melakukan penyesuaian dengan meningkatkan kapasitas RAM. Karena itu, saat ini banyak HP yang sudah dilengkapi RAM besar, contohnya HP dengan RAM 12 GB.

Namun, pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah HP dengan RAM yang lebih besar, yakni HP dengan RAM 16 GB terbaru yang beredar di pasaran global. Apa saja itu? Simak daftarnya seperti berikut ini:

1. Lenovo Legion Y70

Lenovo Legion Y70_
Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Lenovo secara resmi merilis HP terbarunya yang kini ditempatkan sebagai HP gaming yaitu Lenovo Legion Y70. HP ini dirilis dengan tiga pilihan RAM salah satunya adalah RAM 16 GB dengan memori internal cukup luas mencapai 512 GB.

Standar memori yang dihadirkan pada HP gaming ini sudah berada di tingkat tinggi yaitu RAM berjenis LPDDR5 da memori internal berjenis UFS 3.1. HP ini juga memiliki hingga 10 lapisan pendingin yang disematkan di dalam bodinya dengan ketebalan 8 mm. Lapisan-lapisan tersebut tentu saja berguna sebagai pendingin atau meredam panas yang dihasilkan ketika bermain game.

Karena dirilis sebagai HP gaming, chipset yang disematkan ke dalam HP ini juga bukan main-main. Lenovo Legion Y70 telah menggunakan chipset terbaru dan terbaik milik Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset ini telah banyak digunakan oleh beberapa HP di kelas flagship, bahkan Qualcomm sendiri mengeklaim bahwa performa chipset ini lebih kencang daripada Snapdragon 8 Gen 1.

2. OnePlus Ace Pro

OnePlus Ace Pro
Layar Fluid AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalau Anda mencari ponsel dengan RAM 16 GB, mengapa tidak sekaligus cari yang punya memori internal besar pula? Seperti OnePlus Ace Pro misalnya, yang hadirkan RAM 16 GB LPDDR5 serta dua opsi memori internal: 256 GB dan 512 GB.

Tentu saja standar memori yang dihadirkan juga sudah yang tertinggi, dengan tipe RAM LPPDR5 dan juga memori internal UFS 3.1. Ponsel ini juga hadirkan fitur pengisian daya tercepat di industri yang pernah ada, yakni 150 W.

Adapun serangkaian fitur lainnya tidak berbeda jauh dengan rata-rata HP flagship di kelas yang sama. Mengusung layar berukuran 6,7 inci pada resolusi Full HD+, layar mendukung sebanyak 1 miliar warna dengan refresh rate 120 Hz. Ini sungguh ideal untuk pengalaman menonton dan bermain gim.

Pada dapur pacunya, terdapat dukungan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru dengan konektivitas beragam. Seperti WiFi 6, Bluetooth 5.2 dengan fitur A2DP, LE, dan aptX HD, dan juga NFC.

OnePlus Ace Pro merupakan opsi ponsel yang layak untuk Anda yang mendambakan pengalaman flagship, dengan pengisian daya terbaik.

3. OnePlus 10T

OnePlus 10T
Layar Fluid AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Daya tarik utama yang digembor-gemborkan pada OnePlus 10T adalah performanya yang kencang. Mengusung tagline "Evolve Beyond Speed", HP ini memang memprioritaskan kecepatan di atas segalanya; baik itu kinerja saat gaming, navigasi, pengisian daya, dan sebagainya.

Bagaimana tidak? Tersemat fast charging 150 W di HP ini, yang notabene merupakan kemampuan pengisian daya terbaik di industri. Pihak perusahaan mengklaim hanya butuh tiga menit untuk mengisi daya dari 0 hingga 28%.

Pengguna tidak perlu khawatir kesehatan baterai akan terdegradasi parah setelah penggunaan jangka panjang. Pasalnya, tersedia teknologi Battery Health Engine yang menjamin kesehatan baterai terjaga di 80% setelah dicas sebanyak 1.600 kali.

Ponsel ini juga disematkan dengan teknologi terdepan pada sisi dapur pacunya, bawakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan balutan memori internal hingga 512 GB dan RAM 16 GB.

Memiliki desain bodi yang mirip dengan OnePlus Ace Pro, kedua ponsel ini sebenarnya memang merupakan produk yang sama. Bedanya, OnePlus 10T dirilis untuk pasar global sedangkan Ace Pro untuk wilayah Cina.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram