Inilah 10 HP dengan RAM 6 GB Paling Murah (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Smartphone dengan kapasitas RAM yang tinggi sudah bukan barang langka lagi di pasaran. Kini Anda bisa menemukan HP Android dengan RAM besar yang dijual cukup murah, misalnya RAM 6 GB. Kapasitas RAM sebesar ini diharapkan dapat mengatasi masalah lag atau lemot pada saat melakukan multitasking.

Smartphone dengan RAM 6 GB memang didominasi oleh segmen kelas menengah ke atas. Namun, ada juga smartphone dengan RAM 6 GB yang dijual di harga lumayan terjangkau. Nah, maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 smartphone dengan RAM 6 GB termurah yang bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Apa sajakah itu?

1. Advan G9 Pro

Advan G9 Pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (AI) MP (AI) MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak perlu repot-repot melirik merk HP luar negeri untuk punya HP dengan RAM 6 GB. Soalnya, sudah ada Advan G9 Pro yang dihadirkan dengan RAM sebesar ini. RAM 6 GB memang bisa membuat penggunanya puas menggunakan banyak aplikasi, tapi hal ini tentu tidak sepadan jika tak diimbangi dengan memori internal yang memadai juga.

Itu mengapa. Advan selaku merk HP lokal yang cukup ternama turut menawarkan kapasitas penyimpanan 64 GB yang bisa diperluas lagi memakai microSD hingga 128 GB. Hadir dengan 3-card slot, Advan G9 Pro pun bisa menampung dua SIM Card dan satu memori eksternal tanpa masalah.

Yang mencengangkan lagi adalah, HP dengan RAM 6 GB ini hanya dibanderol dengan harga Rp1,4 jutaan saja! Ditambah dengan kapasitas baterai 5200 mAh-nya yang super awet, menjadikan perangkat ini salah satu dengan value for money tertinggi di kelasnya.

2. OPPO A31

OPPO A31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 12 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO A31 masih menjadi HP dengan performa yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, OPPO memahami kebutuhan konsumen di Indonesia dengan menghadirkan spesifikasi lengkap di HP ini. Termasuk adanya RAM 6 GB yang membuat performa ponsel optimal.

Sebagai otak kerja, OPPO menggunakan chipset MediaTek Helio P35. Kinerjanya disokong RAM 6 GB dan GPU PowerVR. Memang, untuk ponsel entry-level, performanya tidak terlalu istimewa. Namun, berkat adanya memori internal 128 GB, HP ini lebih unggul dibanding ponsel lain di kelasnya.

Layar yang lebar berukuran 6,5 inci nyaman digunakan baik sisi kanan, kiri, atas, bawah, dapat dijangkau dengan mudah dan responsif. Penggunaan resolusi HD dianggap sesuai dengan kebutuhan pengguna harian. Selain itu, resolusi HD juga dianggap lebih hemat baterai.

Sebagai tambahan, OPPO A31 memiliki kamera utama 12 MP dengan teknologi AI. Ada juga sistem operasi Android 9 hingga baterai berkapasitas 4230 mAh.

3. Advan GX

Advan GX
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Gempuran smartphone murah dari brand Tiongkok tidak mengendurkan semangat Advan. Selaku brand lokal, Advan coba menyaingi merek-merek global dengan menghadirkan Advan GX. Secara keseluruhan, Advan GX adalah awalan yang bagus dari Advan.

Pasalnya, ponsel ini merupakan jawaban dari apa yang selama ini diidam-idamkan masyarakat Indonesia yang cinta produk lokal. Advan GX membawa peningkatan dari segi performa berkat penyematan SoC Unisoc Tiger T618 (12 nm). SoC ini memang tidak baru, tetapi mampu membuat Advan GX lancar menjalankan berbagai gim populer.

Tidak hanya itu, price to value HP Rp1 jutaan ini makin sip karena mempunyai RAM yang tergolong lapang, 6 GB, plus memori internal 64 GB, serta baterai besar berkapasitas 5200 mAh. Ketahui HP ini baik luar dan dalamnya dengan membaca artikel kelebihan dan kekurangan Advan GX.

4. Infinix Hot 10s 6/128

Infinix Hot 10s
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix Hot 10s adalah ponsel dengan RAM 6 GB lainnya yang sungguh layak dipertimbangkan, termutama jika Anda berasal dari kalangan gamer. Mengapa? Karena ponsel sudah hadirkan Helio G80 yang kinerjanya bisa mendukung segala kegiatan jadi lancar.

Bukan itu saja, perangkat ini juga akan membantu Anda dalam keseharian, terutama saat berkegiatan di luar rumah. Baterainya yang berkapasitas 6.000 mAh memastikan ponsel tidak akan habis baterai walau digunakan seharian penuh.

Infinix Hot 10s juga termasuk pada jajaran ponsel layar lebar termurah di dunia. Di harganya yang Rp2.049.000,- Anda berkesempatan cicipi layar sebesar 6,82 inci yang sangat meningkatkan immersion saat menonton, browsing, atau scrolling Instagram. Tertarik?

5. Infinix Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.004.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Infinix memang tak main-main dalam bertarung di kelas harga Rp2 jutaan. Buktinya mereka mengeluarkan Infinix Hot 11s NFC yang spesifikasinya bikin orang tak lagi melirik merek lain. Daya tarik HP ini jelas ada di fitur konektivitas NFC yang masih jarang dimiliki HP dua jutaan.

Namun, Infinix juga merancang HP ini untuk bisa menjalankan gim-gim populer dengan lancar. Tak salah bila Infinix memercakan sektor dapur pacu Hot 11s NFC pada SoC MediaTek Helio G88. Bersama dengan RAM 6 GB, SoC tersebut bisa mengeluarkan performa gaming yang mumpuni.

RAM 6 GB dalam HP ini berfungsi memperlancar proses rendering ketika HP sedang memuat file gim. Adapun refresh rate 90 Hz, speaker stereo, baterai 5000 mAh, kualitas jepretan tajam jadi nilai plus lain si ponsel. Lebih lengkap soal HP ini bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11s NFC.

6. Infinix Note 8

infinix note 8
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Mau tahu HP Infinix yang membuat pesaingnya kalah telak? Ini dia Infinix Note 8 yang sudah dilengkapi dengan ukuran layar yang luar biasa besar, yakni 6,95 inci. Sekalipun masih pakai resolusi 720p alias HD Plus, tapi ketajaman layarnya masih terbilang bagus. Dan, dengan layar yang menyerupai tablet ini, bermain game, nonton film, atau kegiatan YouTube-an dijamin lebih seru dan menyenangkan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram