Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo2 Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme GT Neo2 tentunya sudah menggunakan USB-C alih-alih microUSB yang terbilang jadul. Akan tetapi, sayangnya versi yang ia gunakan hanya USB Type-C 2.0 alih-alih 3.0. Masih termasuk oke sih, toh USB Type-C 3.0 rata-rata hanya dimiliki HP canggih dengan harga di atas 10 juta.

Apakah klaim pengisian penuh dalam waktu 36 menit ini sesuai dengan kenyataan? Rupanya tidak. GSM Arena membuktikan bahwa realme GT Neo2 hanya membutuhkan waktu 32 menit saja untuk mencapai kondisi full battery. Ya, kenyataannya justru lebih cepat dibanding klaim yang dilayangkan realme.

Kendati begitu, tampaknya tidak semua unit smartphone memberikan pengalaman serupa. Dilansir dari 91mobiles, realme GT Neo2 membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yakni 42 menit. Ya tetap saja sih, walau lebih lambat, durasi ini sungguh terbilang cepat.

4. Stereo Speaker dengan Kualitas Suara Oke

Memilih ponsel dengan kualitas speaker terbaik pada zaman dahulu bukanlah perkara mudah. Tapi sekarang, sudah cukup banyak ponsel di kelas menengah yang hadir dengan speaker stereo untuk mengeluarkan suara dari dua arah yang berbeda. Salah satunya adalah realme GT Neo2.

Suara yang dihasilkan ponsel ini, menurut GSM Arena, memiliki kualitas kualitas suara yang seimbang, Ponsel realme ini memiliki satu speaker di bawah bodi, dan satunya lagi merupakan earpiece yang diperkuat sehingga bisa menjelma sebagai speaker kedua.

GSM Arena juga mengatakan, kalau kualitas suara ponsel tersebut sulit dibedakan dengan ponsel lain yang benar-benar menghadirkan dua speaker secara sempurna. Predikat yang mereka berikan pada kelantangan suara stereonya adalah Sangat Baik dengan skor -25.1 LUFS.

realme mengatakan kalau speaker stereo GT Neo2 ini dipersenjatai dengan teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio sehingga mengeluarkan suara yang begitu jernih dan jelas.

5. Triple Camera 64 MP dengan Hasil Foto Baik

Dalam segi konfigurasi kameranya, realme GT Neo2 memutuskan untuk kembali menggunakan kamera predesornya. Sama-sama hadirkan Triple Camera di punggung, lensa utama ponsel ini memiliki kekuatan 64 MP berupa sensor Sony IMX682. Lensa ini unggulkan besaran diafragma f/1.8, focal length 26 mm, serta ukuran sensor 1/1.73 inci. Kamera ini juga memiliki pixel size 0.8µm.

Tidak ditemukan OIS pada ponsel ini, sehingga Anda pun hanya dapat mengandalkan stabilitas tangan ataupun aksesoris gimbal jika sedang memotret sambil berjalan.

Sedangkan untuk lensa kedua, merupakan sensor ultrawide 8 MP yang dapat mengambil foto pada bidang pandang yang lebih luas (119 derajat). Ukuran sensor yang dimilikinya sebesar 1/4.0 inci dengan bukaan f/2.3, focal length 16 mm, dan juga hadirkan ukuran piksel 1.12 µm.

Pada sensor ketiganya merupakan sensor makro berkekuatan 2 MP dengan bukaan f/2.4. Fungsinya adalah menangkap gambar dari objek berukuran kecil secara dekat, sembari mempertahankan detail yang tajam. Biasanya lensa makro digunakan saat memotret serangga atau tanaman.

Adapun fitur lainnya adalah mode HDR, panorama, dan juga LED Flash untuk membantu pengguna saat memotret dalam kondisi minim cahaya. Anda tertarik merekam video pakai HP ini dan menampilkannya di TV?

Jangan khawatir, HP ini mendukung resolusi tertinggi hingga 4K pada frame rate 30 atau 60 FPS. Hasil video yang diambilnya dijamin tetap terlihat tajam saat diperlihatkan di TV 4K ataupun proyektor. Tak lupa, tersedia juga fitur gyro-EIS sehingga hasil rekaman terlihat seperti diambol oleh tangan profesional.

Sementara itu di bagian depan bodi, tepatnya di pojok kiri atas, terlihat penampakan sebuah punch hole yang jadi rumah bagi kamera selfie berkekuatan 16 MP. Sensor selfie ini hadir dengan bukaan f/2.5 dengan ukuran sensor 1/3.09 inci, dengan focal length 26 mm.

Sumber: GSM Arena
realme GT Neo2: Main Camera di Siang Hari
Sumber: GSM Arena
realme GT Neo2: Ultrawide

Jika dilihat secara kasat mata, tampak tidak ada perbedaan kualitas foto pada kamera utama maupun ultrawide. Anda hanya akan menemukan sedikit perbedaan warna saja, terlihat pada warna hijau pada rerumputan di kedua foto yang jika dilihat dengan saksama, tampak sedikit berbeda.

Kamera ultralebar berhasil menangkap gambar dengan sudut keluasan lebih lebar, dan sekilas sama sekali tidak terlihat adanya distorsi ataupun efek fish eye. Sangat terbilang bagus untuk HP mid-range yang fokus utamanya bukan pada sektor kamera.

Sumber: Gizmochina
Sumber: Gizmochina

Tampaknya kami tidak perlu berbicara terlalu banyak sih ya mengenai hasil foto malam hari di atas. Biarkan saja kedua foto ini berbicara. Dari segi ketajaman, exposure dan intensitas noise, realme GT Neo2 terlihat sangat bagus dan lumayan cocok untuk keperluan medsos.

Akan tetapi, ini tetap bukan hasil foto malam hari yang terbaik di kelas harganya. Di bagian-bagian yang sama sekali tidak terkena cahaya, masih terlihat bayang-bayang yang sebenarnya akan terlihat cukup terang jika pakai ponsel dengan kemampuan fotografi malam hari yang lebih baik. Still, secara keseluruhan lebih dari cukup.

Kekurangan realme GT Neo2

Tampaknya realme GT Neo2 ini nyaris sempurna, ya? Padahal sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Apakah Anda tetap tertarik setelah melihat kekurangan-kekurangannya di bawah ini?

1. Tanpa Slot Memori Eksternal

Sekalipun realme GT Neo2 hadir dengan kapasitas memori internal yang menunjang (128 GB dan 256 GB), namun tetap saja keberadaan slot microSD sifatnya wajib ada bagi sebagian orang. Jika Anda termasuk pada sebagian orang ini, bersiap-siaplah sedikit kecewa karena Anda tidak dapat menyelipkan memori eksternal pada HP ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram