10 HP Tahan Air dan Debu Paling Murah (Oktober 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ingin foto-foto sambil berenang, mandi sambil mendengarkan musik, atau bermain di bawah guyuran hujan tanpa perlu khawatir ponsel rusak? Silakan gunakan HP tahan air. Ya, saat ini sudah banyak HP tahan air yang beredar di pasaran dengan berbagai fitur menariknya.

Berbagai ponsel tahan air tersebut bisa digunakan di dalam air atau di bawah guyuran air hujan tanpa khawatir akan merusaknya. Namun ingat, Anda juga harus memperhatikan jenis sertifikasinya agar tidak melebihi batas maksimal dari kedalaman dan waktu penggunaannya.

Jika beberapa tahun yang lalu HP tahan air ini kebanyakan dibanderol dengan harga yang selangit, kini sudah banyak HP serupa yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP tahan air dan tahan debu paling murah yang ada di pasaran saat ini.

Apa sajakah itu? Simak daftarnya pada tabel di bawah ini. Penjelasan detail tiap HP-nya sendiri bisa disimak setelah info tabel.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Sharp Aquos Sense4 Plus

Sharp AQUOS Sense4 Plsus
Layar IGZO (Indium Galium Zinc Oxide) 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 1.9 MP (macro) 1.9 MP (depth)
Baterai Li-Po 4120 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sharp Aquos Sense4 Plus adalah salah satu HP dengan fitur tahan debu atau air termurah yang bisa Anda dapatkan di kelas harga Rp 4 jutaan. HP ini hadir dengan sejumlah fitur andalan lain, termasuk cip kelas gaming yang dipadukan dengan tampilan yang cepat dan pengeras suara stereo.

Sharp Aquos Sense4 Plus menampilkan layar IGZO Full HD yang dikenal memiliki konsumsi daya baterai yang lebih rendah, detil gambar yang lebih akurat dan memiliki resolusi super tajam dibandingkan layar IPS. Layarnya memiliki laju penyegaran 90Hz, cocok untuk bermain game.

HP ini juga memiliki konfigurasi kamera yang laik dan bisa diandalkan untuk fotografi sehari-hari. Namun ada beberapa hal yang cukup disayangkan dari HP ini, salah satunya adalah sensor sidik jari yang masih terpasang di bagian belakang, tidak di samping apalagi terintegrasi dengan layar.

2. Samsung Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G cover
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy A33 5G bukan sekadar penerus Galaxy A32 yang mendukung konektivitas 5G. Namun, HP ini merupakan sosok penerus dengan peningkatan diberbagai aspek. Hal itu membuat Galaxy A33 naik kelas.

Sebagai contoh, Galaxy A33 mempunyai sertifikasi IP67 yang sebelumnya tak dimiliki A32. Sertifikasi ini bikin bodi si ponsel tahan debu di seluruh sisi, serta kedap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu, A33 juga punya OIS untuk mengoptimalkan fotografi malam hari.

Di sektor performa, HP ini mengalami peningkatkan drastis berkat SoC Exynos 1280. SoC ini lebih ngebut ketimbang Helio G80 milik A32. Hal menarik lain dari A33 adalah jaminan update software sampai 5 tahun, yang termasuk peningkatan versi Android sebanyak 4 kali.

3. Samsung Galaxy XCover 5

Samsung Galaxy XCover 5
Layar PLS TFT 5.3 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 16 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy Xcover 5 merupakan salah satu HP termurah yang sudah dibekali sertifikasi IP68 dan MIL-STD-810H. Ponsel ini tidak dirancang untuk keperluan konsumen umum, melainkan untuk para pekerja yang sering berkecimpung ke lapangan proyek.

Ponsel dihadirkan dengan Xcover Key yang dapat dikusomasi, agar pengguna bisa mengakses fitur tertentu dengan hanya sekali tekan tombol. Selain itu, smartphone bertenagakan Exynos 850 ini juga memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh yang removable.

Karena bisa dicabut-pasang, Anda tidak perlu mengecas HP ini di kala baterainya habis. Tinggal dicabut yang lama, kemudian masukkan baterai cadangan. Beres, deh.

Keunikan lain dari HP ini adalah dukungan Security Maintenance Release dari Samsung selama 5 tahun berturut-turut, guna menghindari ancaman bahaya yang berisiko terhadap privasi data.

Hanya ada satu varian penyimpanan pada HP ini yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, seharga Rp3.999.000. Tertarik memiliki HP unik ini?

4. Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34
Layar Super AMOLED 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1080
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tidak selamanya sertifikasi anti air hanya dimiliki HP flagship. Buktinya ada Samsung Galaxy A34 5G yang sudah mengantongi sertifikasi IP67. Hal ini membuatnya tahan meski sudah terendam di air selama 30 menit hingga kedalaman 1 meter.

Perangkat seharga Rp4,9 jutaan ini dibubuhkan dengan layar lebar 6,6 inci pada panel Super AMOLED, cerah dan colorful. Tak hanya tahan terhadap rendaman air, perangkat juga hadir dengan Gorilla Glass 5 yang membuat layarnya kuat dari goresan dan retakan.

Di bagian belakangnya tersemat kamera utama 48 MP yang disertai dengan OIS, guna memaksimalkan pengalaman pada jenis pemotretan yang butuh durasi shutter lama. Tersedia juga gyro-EIS agar perekaman video berjalan lancar sekaligus terhindar dari efek guncangan.

Para pelaku kreasi konten juga akan dibantukan dengan dukungan video recording 4K di 30 FPS serta 1080p di 60 FPS. Mengedit video kini bisa lebih leluasa tanpa membuat video jadi burik. Cocok untuk penggiat fotografi dan videografi yang butuh HP dengan ketahanan air unggulan.

5. Samsung Galaxy A53 5G

Samsung Galaxy A53 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tidak melulu harus beli HP flagship untuk merasakan sertifikasi tahan air, karena Samsung Galaxy A53 sudah bisa Anda bawa pulang di harga Rp6,1 jutaan. Berbekal IP67, ponsel ini sanggup dibawa berendam di air pada kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

Smartphone ini saya rasa memang diperuntukkan pada penggunaan jangka panjang. Karena selain tahan air, ia juga didukung update software OS hingga 4 kali serta patch keamanan hingga 5 tahun.

Buat yang ingin rasakan pengalaman gaming dahsyat tanpa mengompromikan kemampuan kamera, Samsung Galaxy A53 juga hadirkan chipset gaming kelas menengah yang andal untuk hadirkan frame rate stabil. Kameranya pun sudah dikemas dengan OIS + EIS demi hasil video yang kece tanpa terkendala isu shaky.

Bahkan untuk kamera selfie-nya juga, ia sanggup merekam hingga resolusi 4K, loh. Dengan begini pengguna dapat lebih leluasa melakukan edit, zoom, atau crop pada hasil video tanpa khawatir kualitasnya menurun.

Selain cocok untuk penggunaan konsumer, ponsel ini juga cocok untuk kebutuhan industri profesional karena sudah dilindungi dengan Samsung Knox, sistem keamanan berlapis yang menjamin data rahasia tetap terjaga.

Di luar dari segudang kelebihannya, untuk Anda yang berniat meminang Samsung Galaxy A53, bersiap-siaplah kocek tambahan untuk beli charger. Pasalnya, paket penjualan HP ini belum menyertakan casan.

6. Samsung Galaxy A54 5G

samsung galaxy a54 5g 8_
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1380
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kalau punya alokasi dana Rp5,9 jutaan, Anda juga bisa loh mendapatkan Samsung Galaxy A54 5G. Seperti rata-rata Galaxy A series lainnya, HP ini juga punya sertifikasi ketahanan terhadap debu dan air menyerupai flagship, yaitu IP67.

Samsung Galaxy A54 5G juga begitu menggiurkan dengan performa Exynos 1380 yang menawan. Memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 500 ribuan membuat performanya setara dengan SoC mantan flagship yaitu Snapdragon 855.

Smartphone ini hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mah yang awet seharian, ditambah dengan kemampuan fotografi jempolan yang mengandalkan kamera utama 50 MP. Gabungan dari OIS dan EIS di HP ini akan semakin membuat nyaman aktivitas merekam video lantaran terbebas dari efek guncangan.

Overall, HP ini sangat direkomendasikan untuk orang yang tak mau kompromi satu aspek untuk dapatkan aspek lainnya. Semua parameter di HP ini punya kemampuan baik, membuatnya cocok dianggap sebagai salah satu all-rounder paling seimbang di kelas menengah.

7. Samsung Galaxy A73 5G

samsung galaxy a73 5g_
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy A73 5G sebenarnya merupakan HP di rentang harga mid-range. Tapi, fitur-fitur yang dibawakannya tidak kalah lho dengan HP flagship. Dengan rentang harga Rp7 jutaan, ponsel ini sudah dibekali IP67 yang dapat bertahan di air sedalam 1 meter hingga 30 menit.

Yang saya pribadi paling suka adalah sisi layarnya yang menawarkan panel Super AMOLED Plus, lebih hemat daya dan juga ramping. Adapun laju penyegaran 120 Hz miliknya membuat pengalaman scrolling dan gaming terasa lebih fun. Sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 pula, sehingga tawarkan proteksi ekstra terhadap kerusakan layar akibat terbentur atau terjatuh.

Kualitas kameranya juga bukan kaleng-kaleng, membawakan resolusi utama 108 MP super jumbo yang mengusung teknologi pixel binning untuk hasilkan foto dengan detail dan pencahayaan mantap.

Kamera ini tentunya sudah lengkap dengan perekaman 4K, 1080p di 60 FPS, serta fitur OIS dan gyro-EIS. Tidak ketinggalan, ada juga kamera ultrawide yang siap menangkap foto keseluruhan dari anggota kelompok Anda. Dengan HP ini, Anda jadi bisa melakukan aksi pemotretan di tempat yang banyak airnya tanpa perlu khawatir.

8. Samsung Galaxy S21 FE 5G

Samsung Galaxy S21 FE
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.4 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Yang satu ini merupakan versi "sederhana" dari HP flagship besutan Samsung. Meski tidak sebagus Galaxy S21 regulernya, namun Anda tetap dapat menikmati kualitas khas ponsel premium pada varian "Fan Edition" ini.

Karena masuk ke dalam daftar ini, tentu ia sudah memiliki sertifikasi tahan air dan debu. Uniknya, ia memiliki IP68 khas flagship meski memiliki harga yang lebih terjangkau. IP68 tersebut menandakan ponsel dapat bertahan di air yang lebih dalam, hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Untuk semakin menjaga ketahanan bodi, terutama di sisi layar, ponsel juga dilengkapi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Ini merupakan generasi Gorilla Glass tertinggi saat ini, atau setidaknya hingga saat artikel ini ditulis.

Anda pun dapat merasakan pengalaman fotografi bak HP premium lantaran sudah dilengkapi kemampuan perekaman 4K hingga 60 FPS di kamera belakang dan selfie, merekam footage HDR10+, dan pastinya sudah disertai gyro-EIS.

Ketika sudah mendapatkan foto atau video yang layak, Anda pun bisa mengeditnya di aplikasi edit video tanpa kendala. Sebab, sudah pakai chipset Snapdragon 888 yang performanya tidak perlu diragukan lagi untuk jalankan aktivitas berat. Cocok untuk kreator konten, gamer, atau sekadar orang yang ingin cicipi rasanya pengalaman jadi fotografer profesional.

9. ASUS ZenFone 9

ASUS Zenfone 9
Layar AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 6 GB, 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tidak semua smartphone harus di-bikin besar, bukan? Kadang, kita hanya ingin merasakan performa dan pengalaman HP flagship tanpa perlu layar yang terlalu lebar. Untuk memenuhi permintaan tersebut, ASUS ZenFone 9 pun hadir.

Ukuran layarnya yang hanya 5,9 inci membuat ponsel ini jadi terasa mungil di tangan. Bobotnya pun hanya 169 gram sehingga tidak mudah terjatuh dari tangan saat digenggam anak-anak. Cocok untuk jadi kado ulang tahun ponakan atau sepupu yang masih kecil.

Meski ukuran layarnya mungil, kualitasnya tentu tidak berarti main-main. Ia sudah mengusung panel Super AMOLED 120 Hz yang mendukung sertifikasi HDR10+. Disinyalir, layar ini mampu meraih kecerahan puncak 1100 nit yang akan memanjakan mata pengguna saat menonton konten HDR.

Selain enak dipandang, layar juga punya ketahanan yang sangat baik terhadap benturan dan kejatuhan lantaran dilapisi dengan Gorilla Glass Victus. Satu generasi di atas Gorilla Glass 6. HP flagship mungil ini juga memiliki dapur pacu Snapdragon 8+ Gen 1 yang sudah alami perombakan agar lebih powerful sekaligus lebih efisien dibanding versi regulernya.

Seolah tidak cukup, kamera ASUS ZenFone 9 juga dirancang untuk berikan hasil foto dan video terbaik. Pasalnya, kamera utama sudah dilengkapi gimbal OIS untuk menjaga kestabilan video dengan jauh lebih baik lagi ketimbang para pesaingnya. Keberadaan dukungan resolusi 8K juga membuatnya tidak hanya cocok untuk pengguna awam, tapi bisa dijadikan sarana kreasi konten profesional.

Kekurangannya, HP ini tidak sebaik HP flagship lain dalam hal ketahanan baterai, lantaran hanya punya kapasitas 4.300 mAh dengan fast charging 30 W. Lalu, tidak ada wireless charging di HP ini.

10. Samsung Galaxy S23 5G

Samsung Galaxy S23
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 10 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 3900 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sebagai HP flagship, tentu saja Samsung Galaxy S23 5G sudah dibekali dengan IP68 agar tidak mudah rusak walau terendam di air selama 30 menit di kedalaman up to 1,5 meter. Kelebihan HP ini jelas beragam, mencakup penggunaan SoC Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang alami peningkatan performa, serta kamera 200 MP yang bisa mengambil foto bulan dengan realistis.

Samsung Galaxy S23 juga telah dibekali kemampuan desktop experience yang tidak ada duanya di industri. Dengan Samsung DeX, HP ini bisa disulap jadi PC jika terhubung dengan monitor, keyboard, dan mouse. Cocok untuk yang mencari HP produktivitas yang bisa menjadi dua perangkat berbeda di satu harga yang sama.

Hanya saja yang perlu jadi catatan, rupanya GPU di HP ini condong mudah throttle sehingga tidak dapat berikan performa penuh saat digunakan bermain dalam waktu lama. Selain itu, ponsel ini juga tidak menyertakan charger apa pun di dalamnya.

Nah, itulah daftar HP tahan air termurah yang bisa Anda jadikan pilihan di tahun ini. Namun ingat, kebanyakan HP tersebut hanya bisa digunakan di air tawar dan tidak bisa digunakan di dalam air laut.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram