Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Maret 2019

Fitur NFC sekarang semakin menjamur dan sering digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia. Menurut detikinet, NFC atau Near Field Communication sendiri berfungsi untuk mengoneksikan satu perangkat dengan perangkat lainnya secara mudah.

NFC dapat digunakan untuk melakukan transfer data, membuka aplikasi secara otomatis, memberi tahu posisi tempat tertentu, hingga melakukan pembayaran tanpa uang tunai dengan menggunakan smartphone.

Bukan cuma brand smartphone seperti Apple atau Samsung saja yang sudah menyematkan teknologi ini kepada flagship andalan mereka, karena brand smartphone asal Tiongkok, yang sempat dijuluki Apple dari Tiongkok, Xiaomi juga memiliki rentetan smartphone yang sudah memiliki fitur canggih ini. Penasaran kan, smartphone Xiaomi apa saja yang sudah mendukung fitur NFC? Berikut daftarnya.

10 HP Xiaomi dengan NFC Terbaru

1. Xiaomi Mi 9

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi 9 adalah HP terbaru besutan yang sudah mendukung penggunaan NFC atau Near Field Communication.

HP yang diperkuat dengan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855 ini memiliki performa yang sangat kencang. Berdsarkan pengalaman dari K2 Gadgets, HP ini mampu menjalankan game PUBG dengan frame rate ultra dan setting grafis HDR. Keren, kan?

Xiaomi Mi 9 yang punya kover belakang yang terbuat dari kaca ini mengusung layar lebar berukuran 6.3 inci dengan panel OLED yang punya kualitas tampilan yang bagus. Layarnya juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6. Sehingga Anda tak perlu menambahkan pelindung layar tambahan.

HP dengan baterai berkapasitas 3300 mAh ini memiliki tiga lensa kamera. Masing-masing lensanya berukuran 48 MP, 12 MP  dan 16 MP. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie berukuran 20 MP.

HP ini cocok untuk Anda yang menginginkan HP terbaru dari Xiaomi yang didukung teknologi NFC dengan performa yang kencang, kamera yang mumpuni hingga layar lebar dengan kualitas bagus. HP ini. Anda tertarik untuk membelinya? Silakan klik link ini untuk membelinya di Bukalapak.

2. Xiaomi Mi 9 Explorer

Spesifikasi selengkapnya…

Setelah meluncurkan Xiaomi MI 8 Explorer yang keren, Xiaomi kini juga kembali merilis generasi terbarunya, HP Xiaomi Mi 9 Explorer yang sudah didukung teknologi NFC. Secara spesifikasi, HP ini tak jauh berbeda dari Xiaomi Mi 9.

Keduanya sama-sama mengusung layar lebar berukuran 6.3 inci dengan panel OLED yang memiliki tingkat ketajaman yang bagus. Selain itu, di sektor dapur pacunya, HP ini juga dibekali dengan chip teranyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855 yang kencang.

Sektor kameranya juga tidak banyak memiliki perbedaan. Baik Xiaomi Mi 9 Explorer maupun Xiaomi Mi 9 sama-sama mengusung tiga lensa kamera di bagian belakang dengan resolusi 48, 12 dan 16 MP serta satu lensa kamera selfie berukuran 20 MP. Hasil jepretan dari kameranya juga sama-sama memiliki kualitas yang bagus.

Perbedaan yang terdapat pada keduanya terletak di bagian desain dan juga ukuran RAM serta memori internalnya. Xiaomi Mi 9 Explorer mengusung desain kover belakang yang seolah-olah transparan sehingga komponennya dapat terlihat.

Kalau Anda menginginkan HP Xiaomi seri Mi terbaru dengan teknologi NFC, desain keren dan anti-mainstream, HP ini dapat Anda jadikan pilihan utama.

3. Xiaomi Mi 9 SE

 

Spesifikasi selengkapnya…

Selain Xiaomi Mi 9, ada pula versi lainnya yakni Xiaomi Mi 9 SE yang juga sudah didukung dengan teknologi NFC. Xiaomi Mi 9 SE mengusung chipset Snapdragon 710 yang membuatnya mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar.

Seorang YouTuber sudah mencoba memainkan game populer PUBG dengan HP ini. Ternyata, HP ini masih mampu menjalankan game ini dengan setting grafis HD dan frame rate high. Game-nya juga dapat dimainkan dengan baik.

Di sektor layar, Xiaomi Mi 9 SE berukuran mengusung layar sebesar 5.97 inci beresolusi Full HD+ dengan teknologi IPS LCD yang tampilannya jernih. Desainnya juga tidak kalah bagus dari saudaranya, Xiaomi Mi 9.

Oh ya, HP ini dibekali dengan tiga lensa, yakni 48, 16, serta 8 MP di bagian belakang bodinya. Lensanya sendiri terdiri dari lensa kamera utama, lensa ultra wide dan lensa telefoto. Hasil jepretannya tidak kalah bagus dari kamera Xiaomi Mi 9.

HP ini cocok untuk Anda yang suka eksis di sosial media. Apalagi dengan adanya tambahan lensa kamera selfie berukuran 20 MP. Selfie menjadi semakin mudah. Nah, kalau Anda membutuhkan alternatif dari Xiaomi Mi 9, Anda dapat memilih HP ini. Silakan klik link ini untuk membelinya via Bukalapak.

4. Xiaomi Mi Mix 3

Xiaomi Mi Mix 3

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 3200 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 9.700.000

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi Mix 3 menggebrak pasar smartphone dengan memberikan kejutan istimewa. Betapa tidak, smartphone yang dilengkapi fitur NFC ini juga dibekali dengan dual pop up camera di bagian depannya. Satu lensa berukuran 24 megapiksel dan satu lagi 2 megapiksel khusus untuk menghadirkan efek bokeh.

Pop up camera yang digunakan pada smartphone ini berjenis mechanical pop up, yang artinya, kalau Anda ingin berfoto selfie maka Anda harus men-slide layar smartphone untuk memunculkan kameranya. Mungkin bagi sebagian orang, terdengar sangat merepotkan, ya? Namun, justru inilah yang menjadi keunggulan dari smartphone besutan Xiaomi ini.

Di bagian belakang smartphone yang bodinya terbuat dari kaca, terdapat dua lensa kamera berukuran 12 megapiksel (wide) dan satu lensa telephoto berukuran sama. K2 Gadgets menuturkan, hasil kamera dari Xiaomi Mi Mix ini sangat memuaskan. Baik untuk selfie camera, maupun rear camera-nya.

Oh ya, selain sudah support NFC, punya kamera yang super keren hingga didukung teknologi wireless charging, Xiaomi Mi Mix 3 juga didukung jeroan yang mumpuni, nih. Dapur pacunya sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 845 yang kencang. Selain itu, Xiaomi Mi Mix 3 juga didukung dengan RAM berkapasitas 6/10 GB. Jadi, soal performa nggak usah ditanya lagi, deh.

Nah, kalau Anda pecinta fotografi, ingin punya smartphone dengan desain kekinian yang performanya gahar dan sudah support NFC, maka Xiaomi Mi Mix 3 ini adalah pilihan yang paling pas buat Anda. Tertarik untuk membeli? Jika tertarik, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Tapi, sebelum membeli HP ini sebaiknya Anda cari tahu juga plus-minus dari HP ini di artikel 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Mix 3.

5. Xiaomi Mi 8 Pro

Xiaomi Mi 8 Pro Merah

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 7.300.000

Spesifikasi selengkapnya…

HP Xiaomi lain yang sudah didukung teknologi NFC adalah Xiaomi Mi 8 Pro. Smartphone satu ini punya desain yang cantik, minim bezel, dengan notch di bagian depan layar jernih berteknologi Super AMOLED berukuran 6.21 inci. Selain itu, bagian bodi belakangnya yang terlihat mengilat juga sangat mampu memanjakan mata.

Nggak cuma punya kelebihan di sektor layar saja, Xiaomi Mi 8 Pro juga tergolong unggul di sektor dapur pacunya. Serupa dengan Xiaomi Mi Mix 3, Xiaomi Mi 8 Pro juga sudah menggunakan chipset gahar Snapdragon 845 yang membuatnya sanggup menjalankan game sekelas PUBG dengan mode setting grafis tertinggi tanpa hambatan yang berarti.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan dual kamera di bagian belakang bodinya. Masing-masing berukuran 12 megapiksel yang sudah dilengkapi dengan auto focus dan artificial intelligence atau AI untuk hasil foto yang maksimal. Kamera selfie dengan lensa berukuran 20 megapiksel-nya juga mampu memanjakan Anda yang hobi berfoto selfie ria.

Nggak cuma didukung fitur NFC saja, Xiaomi Mi 8 Pro juga sudah didukung teknologi face unlock dan in-display fingerprint. Nah, kalau Anda ingin punya smartphone dengan spesifikasi gahar, kamera yang oke dan fitur yang keren, Xiaomi Mi 8 Pro tentu bisa menjawab kebutuhan Anda. Tertarik untuk memiliki smartphone ini? Langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

6. Xiaomi Mi 8 Explorer

Xiaomi Mi 8 Explorer

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 8.000.000

Spesifikasi selengkapnya…

Selanjutnya, ada Xiaomi Mi 8 Explorer. Smartphone ini sebetulnya tidak berbeda jauh dengan Xiaomi Mi 8 Pro dari segi spesifikasi. Keduanya sama-sama menggunakan chipset mumpuni dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Kemudian, dari segi fitur pun tidak jauh berbeda. Dua-duanya sama-sama memiliki fingerprint di layar atau in-display fingerprint dan juga NFC.

Begitupun dengan sektor kameranya, sama-sama oke. Nah, yang membedakan hanyalah di sisi desainnya. Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan pilihan warna gradasi yang colorful dan cantik. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Explorer terlihat lebih macho dengan warna hitam dan bodi belakang yang dibuat seolah transparan.

Smartphone ini cocok buat cowok-cowok yang mau tampil kece, nih. Tertarik untuk memiliki smartphone ini? Langsung saja beli Xiaomi Mi 8 Explorer di Bukalapak lewat link ini.

7. Xiaomi Mi 8

Xiaomi Mi 8

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Po 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.900.000

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi 8 bisa dibilang merupakan versi hemat dari Xiaomi seri 8. Sektor dapur pacu serta layarnya juga sama-sama bagus, serupa dengan Mi 8 Explorer maupun Mi 8 Pro. Begitupun juga kameranya, hasil jepretannya juga sama-sama bagus. Yang membedakan hanya warna, posisi fingerprint yang masih terletak di bagian belakang layar dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Smartphone satu ini juga sudah didukung dengan teknologi NFC, sama dengan Xiaomi Mi 8 Pro maupun Explorer. Xiaomi Mi 8 bisa Anda jadikan pilihan kalau Anda menginginkan smartphone Xiaomi seri 8 namun nggak perlu merogoh kocek lebih dalam. Nah, kalau Anda tertarik, langsung saja beli Xiaomi Mi 8 di Bukalapak lewat link ini.

8. Xiaomi Mi Mix 2s

Xiaomi Mi Mix 2s

  • Chipset: Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 8.500.000

Spesifikasi selengkapnya…

HP Xiaomi dengan NFC lainnya adalah Xiaomi Mi Mix 2s. Xiaomi Mi Mix 2s ini juga punya desain minim bezel yang elegan dan kekinian. Layarnya juga tergolong jernih dan kualitas gambarnya baik meski tidak sebaik smartphone dengan panel layar AMOLED. Ukuran layarnya yang sebesar 5.99 inci dijamin bisa bikin Anda puas menatap layar ponsel satu ini. Kalau Anda kurang suka dengan adanya notch pada ponsel, Xiaomi Mi 2s ini bisa Anda pilih.

Soal performa, tidak usah dipertanyakan lagi. Untuk penggunaan harian maupun main game, sudah pasti lancar jaya berkat dukungan chipset Snapdragon 845 yang tertanam pada smartphone ini.

Performa kameranya juga tidak mengecewakan. Malah, berdasarkan pengalaman dari K2Gadgets, Xiaomi Mi Mix 2s ini hasil jepretannya mampu melampaui iPhone X pada kondisi tertentu.

Sayangnya, kalau Anda mengidamkan in-display fingerprint, smartphone ini bukan pilihan yang tepat karena sensor sidik jarinya masih berada di bodi belakang smartphone. Oh ya, selain sudah menggunakan teknologi NFC, Xiaomi Mi Mix 2s sudah didukung teknologi wireless charging. Berminat membeli smartphone Honor 7A? Jika berminat, langsung saja beli smartphone ini di Bukalapak lewat link ini.

9. Xiaomi Mi Mix 2

hp xiaomi nfc terbaru xiaomi mi mix 2

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 7.500.000

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi Mix 2 adalah versi lite dari Xiaomi Mi Mix 2s. Jika Mi Mix 2s disokong dengan chipset Snapdragon 845, Xiaomi Mi Mix 2 masih menggunakan Snapdragon 835 yang juga tergolong powerful. Sehingga untuk performa smartphone, aman-aman saja.

Nah, perbedaan yang ada pada keduanya terletak pada sektor kamera. Xiaomi Mi Mix 2s sudah memiliki dual kamera di bagian belakang bodinya, yang juga sudah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence, sehingga hasil jepretannya bisa dibilang lebih memuaskan ketimbang Mi Mix 2 yang masih dibekali dengan satu lensa saja.

DroidLime menyampaikan, hasil jepretan dari Mi Mix 2 akan bagus bila Anda memotret dengan kondisi cahaya yang cukup. Untuk kamera selfie-nya yang terletak di bagian depan layar bagian bawah mungkin akan menyulitkan Anda untuk mengambil gambar. Kualitas gambar yang di ambil juga ternyata tidak terlalu memuaskan.

Namun, bila Anda menginginkan smartphone dengan desain minim bezel yang cantik dan sudah support NFC, fingerprint juga punya layar yang luas dan cukup tajam, maka Xiaomi Mi Mix 2 ini bisa Anda jadikan pilihan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli smartphone ini? Silakan klik link ini untuk membeli Xiaomi Mi Mix 2 di Bukalapak.

10. Xiaomi Mi Note 3

Xiaomi Mi Note 3

Spesifikasi selengkapnya…

Selanjutnya, ada Xiaomi Mi Note 3. Selain punya keunggulan di sektor kamera yang menurut channel GontaGantiHape sangat cetar hasil jepretannya, Xiaomi Mi Note 3 sudah didukung dengan fitur face unlock yang responsif dan juga sensor sidik jari di bodi bagian belakang smartphone. Xiaomi Mi Note 3 juga adalah salah satu di antara deretan smartphone besutan Xiaomi yang sudah support NFC.

Oh ya, dari segi performa, Xiaomi Mi Note 3 tidak mengecewakan, kok. Meski masih menggunakan chipset Snapdragon 660, namun performanya masih tetap oke. Anda masih bisa menjalankan game seperti PUBG dengan setting grafis medium.

Sektor layar dari Xiaomi Mi Note 3 yang berukuran 5.5 inci juga punya kualitas bagus. Lumayan, masih nyaman untuk digunakan menonton video di YouTube maupun main game. Tertarik untuk memiliki smartphone yang ini? Jika tertarik, langsung beli Xiaomi Mi Note 3 di Bukalapak lewat link ini.

Selain kesepuluh HP Xiaomi di atas, ada juga HP Xiaomi terbaru lainnya yang sudah mendukung teknologi NFC ini. HP apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

11. Xiaomi Mi 6

xiaomi mi 6

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi 6 juga adalah salah satu smartphone Xiaomi yang sudah didukung dengan teknologi NFC. Dari segi performa, Xiaomi Mi 6 juga tergolong powerful dengan chipset Snapdragon 835-nya. Buat main game sekelas Mobile Legends atau buka Instagram dan YouTube, dijamin smartphone ini jadi pilihan yang pas.

Selain dapur pacunya yang keren, Xiaomi Mi 6 juga punya dual kamera di bagian belakang bodinya yang hasil jepretannya juga keren. Di bagian depannya ada satu lensa kamera selfie yang cocok dipakai buat foto bareng teman atau keluarga.

Kalau Anda sedang mencari smartphone Xiaomi yang punya fitur NFC, sensor yang lengkap, ada fingerprint dan dual kamera belakang juga performa yang bagus, Xiaomi Mi 6 ini bisa Anda jadikan andalan. Sayangnya, kalau Anda menginginkan smartphone dengan desain minim bezel, Xiaomi Mi 6 bukan pilihan yang tepat karena smartphone ini punya layar berukuran 5.15 inci dengan bezel yang cukup tebal.

Namun, jika Anda tidak keberatan dengan desainnya, Anda bisa memilih Xiaomi Mi 6 untuk digunakan dalam keseharian. Tertarik? Klik link ini untuk beli Honor Xiaomi Mi 6 di Bukalapak.

12. Xiaomi Mi Mix

Xiaomi Mi Mix

  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 256 GB
  • Kamera: 16 MP
  • Baterai: Li-Ion 4400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 7.500.000

Spesifikasi selengkapnya…

Xiaomi Mi Mix adalah seri terdahulu sebelum munculnya Xiaomi Mi Mix 2 dan Mi Mix 2s yang sama-sama punya desain yang cantik dengan layar minim bezel sehingga terkesan futuristik dan mewah. Bedanya, Xiaomi Mi Mix memiliki ukuran layar yang lebih besar dari seri Mi Mix lainnya, yakni sebesar 6.4 inci dengan rasio layar ke bodi sebesar 83.6%. Smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan layar super luas.

Sayangnya, bagi sebagian orang, Xiaomi Mi Mix terasa terlalu besar dan kurang pas ketika digenggam di tangan. Namun, semuanya kembali lagi kepada masalah selera dan kebutuhan tentunya.

Soal performa, Xiaomi Mi Mix bisa diadu dengan smartphone lain di kelas yang sama. Mengandalkan chipset Snapdragon 821, sudah tentu performanya menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Namun, buat Anda yang suka berfoto selfie, kamera dari Xiaomi Mi Mix yang hanya berukuran 5 megapiksel saja mungkin terasa kurang pas.

Terlebih lagi, Anda harus memutar smartphone agar bisa berfoto dengan nyaman karena kamera selfie-nya terletak di bagian dagu ponsel. Gimana? Tertarik dengan HP Xiaomi Mi Mix yang sudah support NFC ini? Jika tertarik, langsung saja beli Xiaomi Mi Mix di Bukalapak lewat link link ini.

13. Xiaomi Mi Note 2

Xiaomi_Mi_Note_2__L_1

Spesifikasi selengkapnya…

Terakhir, Ada Xiaomi Mi Note 2. Smartphone yang punya kualitas layar bagus berkat panel AMOLED yang dimilikinya ini juga sudah support NFC. Oh ya, selain unggul di sektor layar, Xiaomi Mi Note 2 juga punya performa yang oke karena sudah mengandalkan chipset Snapdragon 821.

Dari segi desain, Xiaomi Mi Note 2 ini cenderung mirip dengan Samsung Galaxy Note 7 yang memiliki layar lengkung. Dan untuk saat ini, memang desainnya tergolong agak jadul karena masih terdapat poni dan dagu yang tebal. Namun, bila Anda menginginkan smartphone dengan NFC dan performa yang oke, maka Xiaomi Mi Note 2 bisa Anda jadikan pilihan. Tertarik? Klik link link ini untuk beli HP ini di Bukalapak.

Itulah kesepuluh smartphone Xiaomi terbaru yang sudah didukung dengan teknologi NFC dan masih bisa Anda gunakan di tahun 2019 ini. Nah, Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu smartphone di atas? Silakan langsung saja klik tautan yang tersedia untuk langsung membelinya.

Jika Anda ingin tahu cara mengaktifkan NFC di smartphone Android, silakan simak artikel Cara Mengaktifkan NFC di Android dari Carisinyal ini.