8 HP dengan MediaTek Helio G85 Termurah (September 2022)

Ditulis oleh Aris Wibowo

Jika Anda menginginkan HP di kelas harga menengah ke bawah dengan performa ngegas, pilihlah yang sudah menggunakan dapur pacu MediaTek Helio G85.

MediaTek hadirkan SoC Helio G85 yang fokus untuk gaming. Maka dari itu dalam chipset G series ini mengunggulkan GPU 1 Ghz dan teknologi HyperEngine

SoC ini mampu menghasilkan kinerja tinggi sambil memaksimalkan umur baterai tanpa mengurangi pengalaman bermain game yang luas biasa. 

Selain teknologi di atas, MediaTek juga membawa fitur kamera AI terbaru, fitur sistem navigasi inersial untuk info lokasi yang lebih akurat, kemampuan sim 4G ganda untuk konektivitas yang lebih lancar dan cepat, serta fitur untuk meminimalkan penggunaan daya.

Untuk konfigurasi, MediaTek Helio G85 ini terdiri dari octa-core yakni 2 prosesor Cortex A75 berkecepatan 2 Ghz dan 6 prosesor Cortex A55 berkecepatan 1,8 Ghz. 

SoC ini juga dilengkapi GPU Arm Mali-G52 dengan kecepatan 1 Ghz dan teknologi HyperEngine yang menghasilkan nilai benchmark Manhattan hingga 25fps.

Untuk fotografi, chipset MediaTek ini memungkinkan smartphone memiliki multi kamera belakang dengan kamera utama 48 MP, fitur bokeh hingga mampu melakukan perekaman ultra cepat 240fps. 

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk memiliki HP dengan MediaTek Helio G85. 

Meski ia ditujukan untuk HP kelas mid-range ke bawah, namun rupanya HP dengan chipset MediaTek ini memiliki fitur yang lengkap. Simak daftar HP termurah yang pakai MediaTek Helio G85 berikut ini!

1. realme Narzo 50A

realme narzo 50A
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.399.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Kabar baik bagi Anda yang suka berselancar di dunia maya menggunakan ponsel dalam waktu lama. Ada realme Narzo 50A yang memiliki desain bodi ramping dengan bodi belakang bertekstur, Desain HP ini juga termasuk salah satu yang tercantik di kelas harga 2 juta,

realme Narzo 50A juga akan sangat nyaman digenggam dalam waktu lama karena hanya memiliki bobot 175 gram dengan ketebalan 7,5 mm.

Untuk fotografi, HP SoC MediaTek ini menyediakan kamera utama resolusi 50 MP bukaan f/1.8. kamera utamanya cukup meningkat dibanding kamera Narzo 30A yang masih 13 MP.

realme Narzo 50A merupakan ponsel kelas menengah dengan fitur fotografi yang unik, Pasalnya, kamera di HP ini bisa menghasilkan foto yang tampak tajam, penuh detail, dengan komposisi warna menarik. 

realme mengklaim semua produknya memiliki daya tahan baterai. Untuk seri 50A membawa baterai kapasitas 6000 mAh dengan teknologi pengisian cepat 18W. Sayangnya, layar HP ini masih menggunakan resolusi HD+ dan tanpa speaker stereo.

2. Redmi Note 9

redmi note 9 5g
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 9 menjadi salah satu HP yang menawarkan SoC MediaTek Helio G85 dengan harga terjangkau. 

Ponsel yang dirilis dengan harga Rp2.499.000,00 ini memiliki memori internal yang cukup besar di kelas HP Android murah, yakni 64 GB dan 128 GB. Dengan banderol harga tersebut, Redmi Note 9 hadirkan berbagai kelebihan lainnya. 

Contohnya dukungan water-repellent coating yang membuat HP aman terhadap cipratan air, mode layar Full HD+ 90 Hz, dan dukungan kamera utama 48 MP. 

Selain itu, ponsel ini juga punya desain yang ergonomis. Sayangnya, panel layar ponsel ini masih IPS, bukan AMOLED. Walaupun demikian, layarnya sudah tahan goresan berkat adanya pelindung Corning Gorilla Glass 5.

HP Redmi ini memang tampak dihadirkan untuk menonjolkan sisi desain, layar, dan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Karena itu, ponsel ini tergolong cocok untuk mereka yang butuh ponsel dengan spesifikasi mumpuni tetapi dengan banderol harga yang tidak terlalu mahal.

Kekurangan HP ini justru tampak di bagian baterai, dimana hanya mengusung kapasitas 5020 mAh dengan fast charging 18W. Selain itu, HP ini tidak dibekali fitur NFC. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang HP ini, simak pembahasan kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9 dari Carisinyal

3. Tecno POVA 2

Tecno Pova 2
Layar IPS LCD 6.9 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Salah satu HP yang termurah yang sudah hadirkan MediaTek G85 tentu Tecno POVA 2. Dipasarkan dengan harga Rp2,4 jutaan saja, ponsel ini sanggup berikan performa kencang untuk bermain gim maupun multimedia.

Yang menjadi kelebihan HP ini dibanding ponsel entry-level lainnya ialah desain bodi yang unik. Tecno menghadirkan bodi belakang bertekstur.

Untuk warna hitam, bagian tengah bodi memiliki garis pembatas tengah berwarna pelangi. Sayangnya, untuk bodi warna lain memiliki bodi belakang yang terasa licin di tangan.

Selain itu, perangkat juga dibubuhi layar yang responsif untuk gaming. Layar FHD+ di HP ini dibekali dengan touch sampling rate 180Hz. Sayangnya, refresh rate layar masih standar 60 Hz.

Keunggulan utama HP ini ialah baterainya berkapasitas 7000 mAh. Baterai ini membuat HP bisa digunakan lebih lama dibanding HP gaming lainnya yang masih 5000 mAh. Sayangnya, baterai ini tidak didukung fast charging yang baik.

4. Infinix Note 10

Infinix Note 10
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Semakin berkembangnya pasar ponsel dunia, membuat produsen harus pintas dalam menarik konsumen. Seperti yang ditawarkan dalam Infinix Note 10.

HP entry-level ini hadir dengan desain kekinian menggunakan kamera selfie bergaya punch hole. Sementara masih banyak HP yang menggunakan desain kamera depan waterdrop.

Ponsel murah yang sudah menggunakan MediaTek Helio G85 ini juga turut dikemas dengan setup kamera yang cukup apik. 

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram